Cara Menjemur Ayam Aduan Dengan Baik Dan Benar

Cara Menjemur Ayam Aduan Dengan Baik Dan Benar Yang Wajib Diketahui

sabung ayam online – Setelah sudah mengetahui manfaat dari penjemuran ayam aduan tentu semua para pencinta ayam aduan atau para botoh ingin mengetahui bagaimana cara menjemur ayam aduan dengan baik dan benar untuk menjaga kondisi kesehatan ayam aduan kesayangan.

Ayam aduan yang sudah berusia sekitar 7 bulan sangat wajib di lakukan cara menjamur ayam aduan dengan baik dan benar. Manfaat dari cara menjemur ayam aduan dengan baik dan benar di percaya akan mampu meningkatkan kekuatan ayam aduan dan mampu memperpanjang nafas ayam aduan saat di adu.

Banyak para pencinta ayam aduan atau para botoh pemula yang sengaja menjemur ayam aduannya dengan waktu lama hingga berjam jam agar mendapatkan manfaatnya dari cara menjemur ayam aduan dengan baik dan benar. Tetapi ayam aduan yang di jemur terlalu lama hingga berjam jam akan membuat ayam aduan kehilangan metabolisme serta akan merusak ayam aduan.

Untuk mendapatkan manfaat dari cara menjemur ayam aduan dengan baik dan benar ayam aduan harus di jemur dengan secukupnya saja, tidak ada patokan khusus apabila menurut para botoh sudah cukup ayam aduan di jemur, ayam aduan sudah bisa di tempatkan yang teduh.

Yang harus pertama kali di lakukan sebelum melakukan cara menjemur ayam aduan dengan baik dan benar, ayam aduan harus di mandikan terlebih dahulu. Langkah langkah yang tepat di lakukan dari awal untuk melakukan cara menjemur ayam aduan dengan baik dan benar sebagai berikut :

1. Memandikan ayam aduan dengan baik dan benar

kemudian kepalanya ditundukan serta dibasuh menggunakan handuk yang dibasahi dengan air hangat. Setelah itu lehernya juga ikut dibasahi dengan teknik yang sama hingga dada dan kloaka atau anus.
Khusus untuk bagian kloaka, biasanya banyak kotoran yang menempel sehingga harus di bersihkan dengan benar hingga benar benar bersih. Setelah itu kemudian dilanjutkan ke bagian sayap, ketika, paha dan brutu. Bagian punggung tidak perlu dikasih air, karena apabila terlalu sering kena siraman air, bulu-bulunya menjadi mudah kusut dan patah.

2. Penjemuran ayam aduan

Untuk melakukan cara menjemur ayam aduan dengan baik dan benar setelah proses pemandian ayam aduan selesai, ayam aduan di biarkan sebentar agar memiliki kesempatan untuk menggerak-gerakan tubuhnya. Khusus untuk ayam aduan yang baru pertama kali dijemur, sebaiknya hanya dilakukan selama 10 atau 15 menit saja pada waktu paling pagi, yaitu sekitar jam 7 pagi.
Tanda ayam tersebut harus secepatnya diangkat dari penjemuran yaitu ketika paruhnya mulai sering terbuka dan nafasnya terengah-engah. Selanjutnya pada keesokan harinya, penjemuran bisa dilakukan lagi dengan teknik yang sama tapi dengan durasi yang lebih lama hingga ayam tersebut dapat menyesuaikan diri dengan pancaran sinar matahari.

Saat melakukan cara menjemur ayam aduan dengan baik dan benar seperti yang disebutkan di atas, terdapat satu hal yang harus selalu diperhatikan. Penjemuran harus dilakukan sampai semua bagian tubuhnya yang sebelumnya basah jadi kering semua.

Apabila ayam diangkat dari penjemuran tapi masih dalam kondisi tubuh yang masih basah, tubuh ayam aduan akan menjadi kaku. Demikian pula dengan otot-ototnya. Dampak dari semua ini kekuatan serangan dan pukulannya jadi berkurang. Bahkan gerakannya jadi tidak lincah dan nafasnya tidak panjang atau sangat mudah ngos-ngosan.

Perhitungkan dengan tepat waktu antara memandikan ayam dan penjemuran yang akan dilakukan. Selanjutnya untuk menjaga agar ayam aduan yang sedang dijemur tidak terlalu kepanasan, gunakan pasir sebagai alasnya. Pasir mempunyai kemampuan yang sangat sempurna untuk meredam panas yang muncul dari pancaran sinar matahari.

Kemudian apabila ternyata, ayam tetap terlihat kepanasan padahal tubuhnya masih basah dan belum kering, ada sebuah tips lain yang bisa dilakukan. Gunakan karung goni untuk menutup bagian atas dari sangkarnya. Bahkan jika perlu basahi karung goni tersebut dengan air dingin.

Wahanabet merupakan Agen Sabung Ayam Online dan kami siap membantu para penghobi ayam aduan untuk pembuatan account, deposit bahkan withdraw hasil kemenangan anda selama 24 Jam penuh melalui Live Chat, BBM, Whatsapp, Line, WeChat dan juga Yahoo Messenger. Baca berita lebih lengkap mengenai sabung ayam di beritasabungayam.top.